630 Kilometer Jalan Rusak, Pemerintah Bone Kekurangan Anggaran

4/01/2021 | 21:31 WIB

Bagikan:

Musriandi


INSTINGJURNALIS.Com--Buruknya kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Bone bukan cerita baru. Hampir setiap tahun pemerintah mengalokasikan anggara untuk perbaikan infrastruktur jalan. Namun, jumlah jalan yang rusak dan masih harus diperbaiki cukup panjang.


Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone tahun 2020 kondisi jalan di daerah masih banyak yang berada di bawah standar pelayanan minimum. 


Sepanjang 1.559, 51 kilometer jalan yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. 630,49 mengalami kerusakan, bahkan 477,22 kilometer diantaranya mengalami kondisi rusak berat. 


BPS juga mencatat, jenis permukaan jalan di Kabupaten Bone hampir 50 persen atau sekitar 624 kilometer masih berkrikil atau belum diaspal. Sementara 17 kilometer lainnya sama sekali belum tersentuh. 


Hal itu juga diakui pemerintah Kabupaten Bone, melalui Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR, Jibang mengatakan hampir 900 kilometer jalan di Kabupaten Bone mengalami kerusakan. 


Hal itu kata dia, anggaran perbaikan jalan sangat minim, apalagi setelah adanya pandemi. 


ia mencontohkan idealnya, pemerintah Kabupaten Bone membutuhkan anggaran Rp1,1 T untuk dilakukan pembangunan aspal dan perbaikan jalan.


"Hanya saja anggaran pembangunan aspal tahun 2021 ini hanya 24 miliar, itu sudah masuk anggaran pemeliharaan berkala, sementara anggaran pemeliharaan (untuk jalan secara keseluruhan) hanya mencapai 1,2 miliar," kata Jibang. 



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI