TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pemkab Sinjai Sinjai Aksi Peduli dan Kampanye Lingkungan

 Pemkab Sinjai Sinjai Aksi Peduli dan Kampanye Lingkungan


INSTINGJURNALIS.com - Gerakan Aksi Peduli Sampah dan Kampanye Lingkungan digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK).


Kegiatan ini diinisiasi Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku (Suma) dan dipusatkan di Desa Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Jumat, (16/7/2021) pagi.


Kepala DLHK Sinjai, Ir H Ramlan Hamid mengatakan, gerakan aksi bersih dan kampanye pengolahan sampah ini merupakan bagian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang telah dilaksanakan bulan Juni lalu.


Tujuannya, sebagai upaya mendukung optimalisasi program pengelolaan sampah di daerah, khususnya di sekitar kawasan hutan mangrove Tongke-tongke.


"Jadi kegiatan aksi bersih dan kampanye lingkungan ini diikuti kurang lebih 250 orang terdiri dari unsur TNI polri mahasiswa, ASN, masyarakat desa Tongke-tongke, organisasi kepemudaan dan organisasi pencinta alam", ungkapnya.


Kepala UP3 Suma, Dr Ir Darhamsyah menerangkan, alasan besar kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Sinjai, sebab hadirnya restorasi ekosistem mangrove yang dinilai telah berhasil dan sudah di akui oleh kementerian lingkungan hidup.


Darhamsyah menitip pesan khusus dari Menteri Lingkungan hidup agar kelestarian ekosistem mangrove dapat dijaga dengan baik.


"Pesan Ibu menteri ekosistem disini bisa terjaga dengan gerakan ini, apalagi sudah menjadi pusat pembelajaran bagi daerah lain", ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Sinjai yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, Andi Zainal Arifin Nur berharap gerakan ini dapat membangun karakter cinta alam bagi generasi muda serta meningkatkan peran generasi muda untuk menjadi ujung tombak konservasi mangrove.


"Aksi peduli sampah dan lingkungan dengan mengusung tema restorasi dan pelestarian ekosistem mangrove ini sejalan dengan semangat dan upaya kita dalam pemulihan serta pelestarian ekosistem mangrove, sehingga diharapkan kolaborasi semua pihak dalam menjaga kelestariannya", harapnya.


Selain gerakan Peduli dan Kampanye Lingkungan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan talkshow atau video conference restorasi ekosistem kementerian lingkungan hidup dengan Pemkab Sinjai serta tokoh masyarakat di desa Tongke-tongke.


Para peserta gerakan aksi peduli sampah dan kampanye lingkungan hidup terpantau bahu membahu membersihakan sejumlah titik yang menjadi sasaran dari aksi ini. Mulai dari sampah plastik hingga sampah rumah tangga.


Sampah yang berhasil dikumpulkan selanjutnya di isi dalam kantong sampah untuk kemudian diangkut ke tampat pembuangan sampah akhir di Tondong kecamatan Sinjai Timur. (*)


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.