TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Terdakwa Pemilik 13 KG Sabu di Makassar Dituntut Hukuman Mati

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Kejaksaan Negeri Makassar menuntut Dwi Putra Abadi alias Dwi bin Nursalam (26), dengan hukuman mati dalam persidangan yang digelar secara virtual di Ruang Sidang Utama Arifin Tumpak Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus Makassar, Jumat (09/07/2021).


Dwi dituntut hukuman mati atas kepemilikan barang bukti sabu 13,8 Kg dan 2.994 butir ekstasi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Makassar. 


Dalam surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum, terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 (lima) gram. 


“Supaya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana mati,” kata Andi Hairil Ahmad Kasi Pidum Kejari Makassar, saat dikonfirmasi Instingjurnalis.com.


Andi Hairil menjelaskan terdakwa dianggap melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1)  UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika.


“Hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah perbuatan terdakwa tersebut tidak mendukung program pemerintah untuk memberantas narkotika, terdakwa berbelit-belit dan tidak mengakui perbuatannya serta perbuatan terdakwa dapat merusak generasi muda bangsa," Jelas Andi Hairil Akhmad 


Diketahui, terdakwa ditangkap oleh pihak kepolisian beberapa waktu lalu. 

Adapun barang bukti yang diamankan berupa satu buah tas ransel warna biru berisi satu sachet plastik besar berisi shabu dengan berat 403,6754 gram, 30 (tiga puluh) sachet plastik klip berisi 2.994  butir tablet warna pink berbentuk logo Instagram Narkotika jenis Ekstasi dengan berat 873,0504 gram, tiga unit timbangan elektrik warna hitam, hijau dan silver, serta satu buah tas ransel warna hitam berisi 14 sachet plastik klip besar berisi kristal bening narkotika jenis shabu dengan berat 13.452,3945 gram. 


Komentar0

Type above and press Enter to search.