Bupati Sinjai Khawatir Masyarakatnya Tidak Mendapat Layanan Kesehatan yang Benar, 16 Dokter Disiapkan untuk Kunjungi Pasien

9/17/2021 | 18:26 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com-Dalam mewujudkan pelayanan dasar masyarakat di bidang kesehatan Pemerintah Kabupaten Sinjai melakukan program Home Care dan Home Visit. Program ini untuk melayani masyarakat tanpa harus datang ke rumah sakit untuk konsultasi. 


Pemerintah juga menyiapkan 16 dokter yang di tempatkan di setiap puskesmas di Kabupaten Sinjai, guna untuk melayani masyarakat selama 24 jam dan siap mengunjungi rumah masyarakat ketika dibutuhkan. 


"Layanan kesehatan berbentuk dor to dor atau mengunjungi langsung rumah-rumah, bahkan  kini telah dirasakan manfaatnya oleh masyakat Sinjai hingga pelosok," kata Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa. 


Dengan adanya wilayah yang sebagian kecil terpencil, sehingga program ini efesien khusus masyarakatnya yang jauh dari akses kesehatan sehingga tidak perlu repot untuk mengakses layanan kesehatan dengan bentuk layanan panggil dokter 24 jam. 


"Kami berharap agar masyarakat memanfaatkan dengan baik layanam kesehatan yang diciptakan oleh pemerintah dimana agar masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang disiapkan pemerintah," tambah Andi Seto. 


Kemudian dijelaskan lagi, tenaga kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah merupakan dokter yang memiliki SIP dan STR aktif serta berpengalaman dalam memberikan layanan home care dan home visit dengan melakukan pemeriksaan, memberikan diagnosis dan tindakan medis (jika diperlukan), serta memberikan resep obat.


"Keseluruhan prosedur dokter tersebut dilakukan langsung di rumah/lokasi sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku," ungkap Andi Seto Asapa. 


Terpisah Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Syamsul Bahri Akhas, menjelaskan bahwa dalam program tersebut tenaga medis yang telah ditugaskan selain memberikan pelayanan kesehatan juga memberi edukasi mengenai perilaku kesehatan yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.


Berikut datanya selama tahun 2020 lalu, jumlah kunjungan untuk home visit sebanyak 9.804, kemudian home care sebanyak 5.381. 


Sedangkan pada tahun 2021 berdasarkan data dinas kesehatan, jumlah kunjungan untuk home visit dari Januari-Maret sebanyak 888, sementara home care 159 kunjungan. 


"Jadi program pak Bupati (Andi Seto-read) ini salah satu cara dalam meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan mendatangi masyarakat," ungkap Syamsul saat dikonfirmasi, Kamis (16/09/2021).

 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI