Habiskan Dana Miliaran Rupiah, Bantuan Beasiswa Dirasakan Manfaatnya Ratusan Mahasiswa Sinjai

 

Plt Kadisdik Sinjai, Irwan Suaib.

INSTINGJURNALIS.COM  Pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Kabupaten Sinjai kembali digulirkan. Salah satu program unggulan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di bidang pendidikan, telah berjalan selama empat tahun. Dan, tahun 2023 ini menjadi tahun kelima pelaksanaannya.


Anggaran yang digelontorkan untuk program tersebut mencapai Rp1 miliar lebih. Jika dihitung sejak tahun 2019 hingga 2023, total Rp5 miliar lebih APBD Pemkab Sinjai yang digunakan untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di Kabupaten Sinjai maupun yang menempuh pendidikan di luar Kabupaten Sinjai.


"Kalau ditotal dalam 4 tahun ini, sudah ada Rp4,5 miliar lebih yang kita anggarkan untuk pemberian beasiswa. Belum tahun ini sekitar Rp1 miliar lebih. Jadi totalnya selama 5 tahun sekitar Rp5 miliar lebih," beber Plt Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib, Rabu (11/1/2023).


Menurut Irwan, program ini nyata dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa, sebab dalam kurun waktu empat tahun terakhir sedikitnya 595 mahasiswa merasakan bantuan beasiswa baik jenjang Strata Satu (S1), Strata Dua (S2), hingga jenjang Doktor (S3).


"Dari data yang ada sudah 458 mahasiswa S1 yang merasakan program ini, 103 mahasiswa S2, dan 34 mahasiswa S3," sambungnya.


Mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, ini menambahkan, pemberian beasiswa tidak lain untuk mendorong seluruh mahasiswa di Sinjai agar lebih berprestasi dan belajar dengan giat. 


Ada sejumlah kriteria yang berhak menerima bantuan ini, yakni berprestasi di bidang Olahraga, inovasi, kelangkaan profesi, iptek, kepemimpinan, beasiswa utusan daerah, akademik, beasiswa penyelesaian studi, termasuk beasiswa bagi para penghafal Al-Qur'an.


"Jadi pemerintah daerah tidak hanya fokus memberikan beasiswa dalam bidang akademik, namun berbagai bidang kita berikan sesuai prestasinya," tutupnya. (Satria)

Bagikan :
RajaBackLink.com