Program Jalan Usaha Capai Target, Bupati ASA Apresiasi Jajaran Dinas Pertanian Sinjai

 

Bupati Sinjai melakukan penanaman jagung bersama Forkopimda dan Kadis Pertanian Sinjai. (Arsip)

INSTINGJURNALIS.COM  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, menuntaskan target program pembangunan atau pembukaan Jalan Usaha Tani (JUT) di Kabupaten Sinjai.


Selama kurun waktu empat tahun, DTPHP Sinjai telah merampungkan 85,41 kilometer (Km) jalan tani. Jumlah ini terdiri dari tahun 2019 sepanjang 27,17 Km, tahun 2020 sepanjang 24,08 Km, kemudian tahun 2021 7,39 Km dan di tahun 2022 sepanjang 26,77 Km. 


"Berdasarkan target dari Bapak Bupati yaitu yaitu 20 km per tahun atau sepanjang 100 km selama lima tahun.  Alhamdulillah saat ini sudah mencapai persentase 85,41 persen," Kepala Bidang Prasarana/Sarana dan Penyuluhan Pertanian DTPHP Sinjai, Hj. Surianti, Selasa (10/1/2023).


Surianti optimis target tersebut dapat dicapai mengingat Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali akan membangun sebanyak 11 paket jalan usaha tani pada tahun ini. 


Tujuannya tidak lain, untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Termasuk mempermudah akses petani untuk membawa hasil produksi dari sawah melalui pembangunan dan perbaikan jalan tani sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.


"Tahun ini ada 11 paket atau kelompok tani yang mendapatkan perintisan atau perbaikan jalan tani dengan panjang total sekitar 20 km sehingga jika ini terealisasi maka target kita dapat tercapai bahkan terlampaui," ungkapnya. 


Bupati ASA mengatakan, jalan tani sangat bermanfaat untuk mendukung akses para petani dalam pengangkutan sarana produksi ke lokasi persawahan dan membantu mengakses pengangkutan hasil produksi dari lokasi ke pasar.


"Terkadang banyak petani tidak menjual hasil pertaniannya karena tidak bisa mengangkut dari sawah atau kebun ke rumahnya atau ke pasar. Kalau jalan sudah bagus, maka bisa saja pembeli datang langsung ke sawah," jelasnya. 


Olehnya itu, Bupati ASA menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran DTPHP Sinjai yang terus mendukung program pembangunan di bidang pertanian selama ini. "Terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian yang senantiasa mendukung pelaksanaan! program yang telah tertuang dalam RPJMD kita," pungkasnya.


Selain itu dengan dibukanya jalan tani, maka akan mempermudah mobilisasi sarana produksi dan akses mobilisasi alat mesin pertanian (Alsintan) ke sawah. (Satria)


Bagikan :
RajaBackLink.com