TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Gelar Sosialisasi, Diskominfo Sinjai Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi Publik

 

Sosialisasi keterbukaan informasi publik yang digelar Diskominfo Sinjai. (Salim)

INSTINGJURNALIS.COM   - Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai, memperkuat implementasi keterbukaan publik bersama sejumlah admin Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai.


Kegiatan ini digelar Diskominfo dan Persandian Sinjai bekerjasama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Karya Profesi (K3P) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai, Kamis (02/02/2023)


Di hadapan para admin PPID OPD Pemkab Sinjai, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur mengatakan bahwa salah satu tugas PPID adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi.


"Dengan adanya PPID diharapkan implementasi Undang-undang keterbukaan informasi publik dapat berjalan efektif dan hak publik terhadap informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi," ujarnya.


Kepada para pengelola PPID, Mansyur juga menekankan 5 asas dalam menjalankan keterbukaan informasi publik, yakni transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, dan kesamaan hak.


"Keterbukaan informasi publik ini, masyarakat diharapkan lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan. Inilah yang menjadi dasar bahwa PPID harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat serta dapat mewujudkan arus informasi dan komunikasi antar pemerintah dengan masyarakat," pungkasnya.


Pada pelaksanaan sosialisasi PPID, ada 2 narasumber yang dihadirkan, yakni Kabid Humas dan Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Sinjai, Ika Mayasari. Serta Pranata Komputer Bidang Aptika Diskominfo Sinjai, Muhammad Rusyaid.


Pada pembukaan sosialisasi, tampak hadir Sekretaris Diskominfo Sinjai M. Syamsir Tabiala dan jajarannya, serta Dosen UMSi, Makmur. (Satria)





BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.