TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Aplikasi Google Authenticator Mendapat Fitur Pencadangan Cloud untuk Kode TOTP

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Raksasa pencarian Google pada hari Senin meluncurkan pembaruan besar untuk aplikasi Authenticator yang berusia 12 tahun untuk Android dan iOS dengan opsi sinkronisasi akun yang memungkinkan pengguna untuk mencadangkan kata sandi satu kali berbasis waktu ( TOTP ) ke cloud.


"Perubahan ini berarti pengguna lebih terlindungi dari penguncian dan bahwa layanan dapat mengandalkan pengguna untuk mempertahankan akses, meningkatkan kenyamanan dan keamanan," kata Christiaan Brand dari Google .


Pembaruan, yang juga membawa ikon baru ke aplikasi two-factor authenticator (2FA), akhirnya membuatnya sejalan dengan Rantai Kunci iCloud Apple dan mengatasi keluhan lama bahwa itu terkait dengan perangkat yang dipasangnya, membuatnya menjadi kerumitan saat beralih antar telepon.


Lebih buruk lagi, seperti yang dikatakan Google, pengguna yang kehilangan akses ke perangkat mereka sepenuhnya "kehilangan kemampuan untuk masuk ke layanan apa pun tempat mereka menyiapkan 2FA menggunakan Authenticator."


Fitur sinkronisasi cloud bersifat opsional, artinya pengguna dapat memilih untuk menggunakan aplikasi Authenticator tanpa menautkannya ke akun Google.


Meskipun demikian, selalu perlu diingat tentang perangkap yang terkait dengan pencadangan cloud, karena pelaku jahat dengan akses ke akun Google dapat memanfaatkannya untuk membobol layanan online lainnya.


Perkembangan ini terjadi beberapa hari setelah perusahaan Swiss yang berfokus pada privasi, Proton, yang melampaui 100 juta akun aktif minggu lalu, meluncurkan solusi pengelola kata sandi terenkripsi end-to-end yang disebut Proton Pass .


Sumber terbuka dan alat yang dapat diaudit secara publik, yang menggunakan fungsi hashing kata sandi bcrypt dan versi protokol Secure Remote Password ( SRP ) yang diperkeras untuk otentikasi, juga dilengkapi dengan integrasi 2FA. (*ij/r)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0