TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Balitbangda Sinjai Sebut Desa Tongke-tongke Cocok untuk Pengembangan Budidaya Rumput Laut

 


INSTINGJURNALIS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai akan melakukan pengembangan budidaya rumput laut jenis Cottoni di perairan laut pesisir di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur.


Hal itu ditandai saat Pemkab menggelar rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sinjai Arifuddin, Kepala Dinas Perikanan Sinjai Syamsul Alam, Camat Sinjai Timur Muh. Akbar, serta petani rumput laut.


Rapat berlangsung di ruang pertemuan Balitbangda Sinjai, Kompleks Eks Kantor Bupati Sinjai, Jalan Ahmad Yani Kecamatan Sinjai Utara, Jumat (14/04/2023) pagi.


Kepala Balitbangda Sinjai, Arifuddin menjelaskan alasan dipilihnya perairan Tongke-Tongke sebagai pusat pengembangan budidaya rumput laut, sebab perairan di wilayah tersebut bergelombang dan airnya tidak jernih.


"Rumput laut Cottoni itu tumbuh baik di perairan yang ada riaknya (bergelombang) dan tidak tenang, serta airnya tidak jernih. Hasil penanaman petani kita itu hasilnya bagus di perairan Tongke-Tongke, sehingga itu akan menjadi lokasi untuk pengembangan budidaya rumput laut," jelasnya.


Rencana pengembangan budidaya rumput laut ini akan dilaksanakan oleh Pemkab Sinjai bekerjasama dengan kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.


Setelah dilakukan penjajakan awal, Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Syamsul Alam menuturkan bahwa pengembangan budidaya rumput laut tersebut membutuhkan lahan sekitar 3.000 hektar.



"Kami sudah melakukan survei di lapangan terkait lokasi pengembangan budidaya rumput laut di perairan Desa Tongke-Tongke. Terkait dengan kerjasama dengan Universitas Hasanuddin dan Balitbangda, kami telah melakukan survei untuk mengecek kesiapan lahan, kurang lebih 3.000 hektar yang dibutuhkan," bebernya.


Jika hal tersebut berhasil dilakukan, dikatakan Syamsul bahwa ini akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat, khususnya para petani rumput laut.


Kalau ini berhasil, akan menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya petani rumput laut, karena pelaku utama adalah petani yang terlibat langsung dalam budidayanya. Insya Allah kami di Dinas Perikanan siap mensupport dan mudah-mudahan ini bisa terwujud untuk pengembangan rumput laut dari hulu ke hilir," harapnya. (HMS)




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0