TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Ingin Tetap Bugar Setiap Hari? Ayo, Lakukan 5 Olahraga Ini

 

Ilustrasi. (Google)

INSTINGJURNALIS.COM   -   Menjaga kebugaran tubuh, konsistensi adalah faktor yang paling penting. Kita tidak bisa mengandalkan olahraga sesekali untuk tetap bugar, meskipun olahraga tersebut lama dan melelahkan. 


Faktanya, seiring bertambahnya usia terutama pada pria, olahraga harian yang lebih pendek cenderung jauh lebih efektif untuk menjaga kekuatan, mobilitas, dan kebugaran aerobik. 


Maka, untuk rencana olahraga harian, disarankan melakukan lebih sedikit set, bahkan hanya satu atau dua set dengan lima hingga 25 repetisi lima hari per minggu atau lebih.


Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak lima olahraga yang harus dilakukan para pria setiap hari agar tetap bugar, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini. 


1. Squat


Squat setiap hari membantu menjaga mobilitas dan kekuatan otot kita. Di awal latihan kebugaran, squat akan membangun kekuatan. Namun, setelah kita dapat melakukan 25 kali squat dengan nyaman atau lebih, manfaat utamanya adalah ketahanan otot. 


Saat melakukan squat, mulailah dengan menempatkan kaki lebih lebar dari jarak selebar bahu. Duduklah dengan santai sambil mendorong lutut ke samping sambil mempertahankan tubuh yang tegak.


Kemudian, dorong kedua kaki untuk kembali ke posisi awal. Temukan ritme dengan setiap set.


2. Push up 


Push up adalah olahraga sederhana dan efektif untuk membangun kekuatan besar pada dada, bahu, dan trisep. 


Bagi pria yang belum memiliki latihan khusus untuk dada, sebaiknya lakukan push up setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh bagian atas. 


Mulailah dengan posisi papan dengan lengan di bawah bahu. Turunkan dada ke lantai sambil menjaga otot inti tetap kuat selama melakukan gerakan. 


Ketika bagian depan tubuh sudah dekat dengan lantai, dorong melalui tangan untuk kembali ke posisi awal. Lalu, kita bisa menggerakkan tangan lebih dekat untuk meningkatkan penekanan pada trisep dan menambah variasi. 


3. Pull up


Pull up merupakan salah satu olahraga harian terbaik bagi pria untuk tetap bugar. Sederhananya, program kebugaran tubuh bagian atas yang tepat mencakup setidaknya satu gerakan yang melibatkan dorongan dan satu gerakan yang melibatkan tarikan.


 Pull-up adalah latihan menarik favorit karena berbagai alasan. Sebagai permulaan, olahraga ini memungkinkan beberapa genggaman untuk memvariasikan otot dan rangsangan yang ditargetkan sehingga memungkinkan banyak variasi tanpa modifikasi peralatan apa pun.


Mulailah dengan menggantung di pull up bar dengan pegangan tengkurap, netral, atau terbalik. Pastikan Lengan kita harus benar-benar terentang. Kemudian, tarik diri hingga dada kita mencapai bar dan turunkan kembali secara perlahan ke posisi awal.


4 Dips 


Dips adalah pilihan olahraga tubuh bagian atas yang bagus untuk membantu kekuatan dan mobilitas bahu. Kita bisa melakukannya di sofa, kursi, atau bangku, meskipun pilihan yang baik adalah bar atau ring parallel jika kita memilikinya. 


Jaga agar jari-jari tetap mengarah ke luar jika melakukan dips di kursi. Jika melakukan dips di atas bar atau ring parallel, turunkan dada ke lantai saat kita membungkuk di siku dan bahu. Ketika kita mencapai bagian bawah rentang gerak, dorong dengan kedua tangan untuk kembali ke posisi awal. 


5. Lunges


Lunges adalah cara yang bagus untuk mengakhiri latihan seluruh tubuh. Kita dapat melakukannya berjalan atau di tempat dengan langkah bergantian. 


Jika kita memiliki ruang, walking lunges atau berjalan lebih disukai. Untuk memulainya, ambil satu langkah ke depan dengan satu kaki yang bagus dan dalam. 


Kemudian, turunkan lutut belakang ke arah tanah saat kita memasuki posisi lunges bagian bawah. Dorong kaki depan dan bawa kaki belakang ke depan untuk melangkah ke lunges berikutnya.




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0