TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Safari Ramadan, Bupati ASA Sapa Warga Desa Bonto dan Salurkan Bantuan di Masjid Miftahul Jannah

 


INSTINGJURNALIS.COM  Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menyerahkan bantuan hibah keagamaan di Masjid Miftahul Jannah, Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah, Kamis (06/04/2023) malam.


Selain bantuan hibah keagamaan, Bupati ASA yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai, Hj, Andi Nurhilda Daramata Seto juga menyerahkan bantuan pribadi di masjid tersebut.


Penyerahan batuan itu sebagai rangkaian safari Ramadan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.


Usai menyerahkan bantuan, Bupati ASA berharap agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan masjid.


 "Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan masjid ini", Terangnya dihadapan para jamaah masjid tersebut.


Pada kesempatan itu, Bupati ASA juga mengajak seluruh masyarakat Sinjai Tengah dan khususnya masyarakat Desa Bonto untuk dapat melaksanakan ibadah puasa dengan khusyuk, dan mendapat berkah dari Allah SWT. 


"Mari kita mengisi bulan suci ramadan ini dengan kegiatan - kegiatan yang positif atau yang bermanfaat. Tetap menjaga silaturahmi," sambungnya.


Terakhir Alumni Monash Melbourne, Australia ini kembali meminta dukungan masyarakat Sinjai Tengah, khususnya di Desa Bonto untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan untuk Sinjai yang lebih baik. Sebab, kata dia tanpa dukungan dari masyarakat, pembangunan mustahil dilaksanakan.


"Mari bersama-sama untuk bersatu, bersinergi dan mendukung program pembangunan yang bakal dilaksanakan di Kabupaten Sinjai," pungkasnya.


Kemudian para ahli tarikh pun menganalisa penanggalan malam Nuzulul Quran dalam ayat lain yang termaktub pada surat Al Anfaal ayat 41. Allah SWT berfirman,

۞ وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: "Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu,"

Para ahli tarik tersebut berpendapat dalam buku Jangan Lepaskan Islam walau Sedetik yang ditulis oleh Masyuril Khamis. Mereka menafsirkan, maksud kalimat, '... hari bertemu dua pasukan ...,' dalam ayat di atas merupakan permulaan perang Badar. Pasukan kaum muslimin berhadapan dengan kaum Quraisy disebut terjadi pada 17 Ramadan malam hari.

"Atas dasar analisa itulah, maka ditetapkan dalam dunia Islam bahwa peringatan Nuzulul Quran dilakukan pada tanggal 17 Ramadan malam hari," tulis buku tersebut.

Untuk menentukan kapan malam Nuzulul Quran 2023, dapat dilihat berdasarkan penetapan awal Ramadan 2023 dari pemerintah. Berdasarkan hasil sidang isbat sesuai dengan kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) 2021, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

" />


Momentum Safari Ramadan di malam kedua ini, pengurus Masjid Miftahul Jannah juga menerima bantuan pembangunan dari Kantor Kemenag Sinjai, PDAM Tirta Sinjai Bersatu, serta Bank Sulselbar Cabang Sinjai.


Kegiatan Safari Ramadan ini diakhiri dengan Salat Tarawih secara berjamaah yang dihadiri oleh jemaah masjid Miftahul Jannah. **Satria 




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.