Tim Terpadu Pemkab Sinjai Uji Sampel Takjil Puasa, Antisipasi Penggunaan Zat Berbahaya

 


INSTINGJURNALIS.COM Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melakukan pengawasan keamanan pangan di sejumlah pedagang di kawasan Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara. Rabu, (12/4/2023)


Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, A. Himawan Saleh, mengatakan pengawasan dilakukan untuk memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat di bulan suci Ramadan, khususnya Takjil buka puasa.


Saat pengawasan, tim mengambil sample makanan takjil untuk memastikan apakah ada bahan berbahaya atau tidak yang terkandung dalam Takjil buka puasa yang dijual oleh para pedagang di lokasi tersebut, dan dibawa ke Labkesda Sinjai untuk diuji.


"Jadi pengawasan kita ini lebih kepada untuk memastikan keamanan pangan seperti takjil buka puasa aman untuk dikonsumsi masyarakat," pungkasnya.



Menurut mantan Kabag Kepegawaian dan Umum Sekretariat DPRD Sinjai, ini pengawasan pangan tidak hanya fokus pada takjil buka puasa, akan tetapi melakukan pengawasan terhadap produk pangan yang dijual dipasar maupun di toko retail.


Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya produk kadaluwarsa yang masih dijual ke masyarakat Sinjai. "Pengawasan seperti ini rutin kita laksanakan, apalagi di bulan suci Ramadan, ini kali kedua kami turun setelah awal Ramadan lalu," sambungnya.


Disebutkan Himawan, tim juga melakukan pemantauan harga pangan menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. "Termasuk tim juga melakukan pemantauan harga pangan strategis menjelang Hari Raya Idul Fitri," pungkasnya. **Satria 


BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]