TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bupati ASA Bacakan Sambutan Mendikbud Ristek di Peringatan Hardiknas 2023

 


INSTINGJURNALIS.COM   Upacara dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Sinjai dipimpin langsung oleh Bupati Andi Seto Asapa (ASA) di Halaman Kantor Bupati Tanassang, Selasa (2/5/2023) pagi.


Upacara Hardiknas tahun 2023 ini dihadiri Pimpinan Forkopimda, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai. Kemudian diikuti jajaran Dinas Pendidikan Sinjai, para tenaga pendidik di Kabupaten Sinjai, Kepala Satuan Pendidikan, PGRI Sinjai serta siswa-siswi.


Saat membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan bahwa, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. 


Bahkan saat ini anak-anak bisa belajar dengan Iebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. 


Demikian juga para guru berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang Icbih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. 


"Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar," ujarnya.


Oleh karena itu, tambah Bupati ASA 

transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama semua elemen. 


"Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar," pungkasnya.


Peringatan Hardiknas ini dirangkaikan dengan Launching Sepekan Semarak Hardiknas tingkat Kabupaten Sinjai. (HMS)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0