TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Resep Rendang Khas Minangkabau Sumatera Barat

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Rendang adalah sejenis masakan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang terkenal di Indonesia dan juga diakui secara internasional sebagai salah satu hidangan terenak di dunia.


Rendang umumnya terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam campuran rempah-rempah dan santan kelapa yang kental. Rempah-rempah yang digunakan dalam rendang antara lain cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, lengkuas, kayu manis, cengkeh, kapulaga, serta beberapa rempah lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian dimasak bersama daging sapi dalam santan hingga meresap dan mengental.


Proses memasak rendang memakan waktu yang cukup lama, biasanya memakan waktu beberapa jam, agar daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan baik. Rendang memiliki cita rasa kaya dan kompleks dengan kombinasi rempah yang menghasilkan rasa pedas, gurih, dan sedikit manis. Selain daging sapi, rendang juga bisa dibuat dengan menggunakan daging ayam, itik, atau kambing.


Rendang sering disajikan pada acara-acara istimewa seperti hari raya, pernikahan, atau acara keluarga. Rendang juga merupakan salah satu hidangan yang tahan lama, karena bumbunya diasinkan dan dikeringkan, sehingga rendang bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa perlu disimpan di dalam kulkas.


Rendang menjadi simbol dari kekayaan kuliner Indonesia dan merupakan salah satu makanan yang sangat dihargai oleh masyarakat Indonesia maupun wisatawan internasional.


Berikut adalah resep Rendang :


Bahan-bahan:


1 kg daging sapi (pilih yang berlemak dan bagian dada)

400 ml santan kental

200 ml santan encer

3 lembar daun jeruk purut

2 batang serai, memarkan

3 cm lengkuas, memarkan

5 lembar daun kunyit, iris tipis (opsional)

Garam secukupnya



Bumbu Halus:


10 buah cabai merah keriting

8 butir bawang merah

6 siung bawang putih

4 cm jahe

3 cm kunyit

3 cm kencur

2 batang serai, bagian putihnya saja

1 sendok teh ketumbar bubuk

1 sendok teh jintan bubuk

1 sendok teh merica bubuk

5 butir cengkeh

4 buah kapulaga

2 cm kayu manis

 

Langkah-langkah:


Potong daging sapi menjadi potongan kecil sesuai selera dan bersihkan dari lemak berlebih. Iris tipis daun jeruk purut, daun kunyit (jika menggunakan), serai, dan lengkuas.

Haluskan semua bumbu halus menggunakan blender atau ulek dengan cobek.

Panaskan wajan atau panci dengan api sedang. Tambahkan santan encer dan bumbu halus. Aduk hingga harum dan bumbu matang.

Masukkan potongan daging sapi ke dalam wajan atau panci. Aduk rata hingga daging terbalut bumbu.

Tuangkan santan kental dan aduk perlahan. Masukkan daun jeruk purut, serai, lengkuas, dan daun kunyit (jika menggunakan).

Masak dengan api kecil hingga santan mulai mengering dan berminyak. Aduk sesekali agar daging tidak gosong.

Setelah santan mengering, lanjutkan memasak dengan api sangat kecil. Aduk secara teratur agar rendang tidak gosong dan daging matang merata.

Terus masak rendang hingga daging empuk dan bumbu meresap sempurna. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Setelah daging empuk dan rendang berwarna cokelat kemerahan yang khas, tambahkan garam secukupnya sesuai selera. Aduk rata dan masak sebentar lagi hingga rendang kering dan berminyak.

Angkat rendang dari wajan atau panci, dan sajikan dalam piring saji.

Rendang siap dinikmati. Rendang ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat. Selamat menikmati!






- GABUNG BERSAMA INSTING JURNALIS COMMUNITY 

- JADWAL, KLASEMEN, SKOR LIGA 1 INDONESIA 2023 - 2024

- BERLANGGANAN BERITA INSTING JURNALIS

Komentar0

Type above and press Enter to search.