TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Desa Panaikang Dapat Kunjungan dari Tim Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  Tim verifikasi lapangan dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendesa dan PDT) mengunjungi objek wisata Pantai Mallenreng, Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, Senin (30/10).


Verifikasi lapangan dilakukan dalam rangka Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023, dimana Desa Panaikang Lolos 45 besar di ajang tingkat Nasional tersebut.


Kepala Desa Panaikang, Bahtiar menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai yang melakukan verifikasi lapangan.


"Kami ucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu tim penilai di Kabupaten Sinjai. Hadirnya objek wisata Pantai Mallenreng ini menjadi komitmen pemerintah desa bersama masyarakat dan juga adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sinjai. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu bagi kami untuk bisa memajukan wisata di Desa Panaikang," tuturnya.


Sementara, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf yang mewakili Pj Bupati Sinjai menjelaskan, objek wisata Pantai Mallenreng ini dikelola oleh BUMDES Barugae Desa Panaikang.


Adanya peluang di sektor wisata yang dikembangkan oleh Desa Panaikang kata Irwansyahrani, diharapkan mampu merangsang desa lain untuk melihat potensi wisata yang ada di desa masing-masing.


Dihadapan tim penilai, ia menegaskan keseriusan Pemkab Sinjai untuk mengembangkan potensi pariwisata, khususnya yang ada di Desa Panaikang.


"Hari ini kami menghadirkan semua pimpinan OPD, dan menjadi wujud keseriusan kami untuk pengembangan desa wisata di Kabupaten Sinjai," ucapnya.


Salah seorang tim verifikasi lapangan, Rini Nuraini menyampaikan bahwa penilaian dilakukan di Desa Panaikang karena berhasil masuk 45 besar dari 2.007 desa di seluruh Indonesia yang menjadi peserta Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023.


"Alhamdulillah Desa Panaikang bisa masuk ke dalam 45 desa terpilih dari 2007 peserta. Kementerian Desa ingin memberikan apresiasi kepada desa-desa yang konsentrasi dalam pengelolaan wisata yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.


Sebelumnya, beberapa tahapan telah dilalui dalam penilaian Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 ini. Setelah dilakukan verifikasi lapangan, tim penilai akan kembali menyaring para desa yang menjadi peserta lomba hingga 15 besar untuk selanjutnya ditentukan desa terbaik pada ajang yang digelar Kemendesa dan PDT. Saat ini, tim penilai melakukan verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan. (*)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0