TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Progres Rekapitulasi Perhitungan Suara di Papua Baru 30 Persen, Apakah Terlambat?

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]     -  Rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Papua baru mencapai 30 persen.


Kendati demikian KPU Papua optimistis pleno tingkat provinsi bisa dilakukan sesuai jadwal.


Ketua KPU Papua Steve Dumbon mengatakan saat ini sebagian besar kabupaten/kota sudah mulai melaksanakan pleno rekapitulasi suara pemilu.


"Semua sudah mulai yakni Kabupaten Sarmi, Biak, Mamberamo Raya, Keerom, Supiori, Waropen, Yapen, Jayapura dan Kota Jayapura," katanya.


Menurut Steve, diharapkan semua dapat selesai pada Sabtu (2/3) kemudian dilanjutkan pleno tingkat provinsi pada 5 Maret mendatang.


“Kami harap besok sudah selesai tingkat kabupaten/kota jika terlambat paling tidak satu atau dua hari saja karena KPU diberi batas waktu sampai 10 Maret sudah harus selesai," ujarnya.


Dia menjelaskan pleno rekapitulasi suara pemilu di kabupaten/kota sedikit terlambat karena ada beberapa kendala seperti pelaksanaan pemungutan suara ulang, pemungutan suara lanjutan dan lainnya.


“Itu yang menghambat sehingga membuat pleno tidak digelar lebih awal tapi kami berharap semoga seluruhnya bisa berjalan sesuai target waktu yang ditetapkan,” katanya.


Dia menambahkan karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat jangan percaya dengan hasil yang belum di sahkan oleh KPU RI.


"Silakan pihak manapun membuat analisa, namun yang jelas penetapan itu ada di tangan KPU RI apalagi prosesnya sekitar dua sampai tiga minggu lagi baru dilakukan penetapan anggota DPR RI terpilih," ujarnya. (antara/jpnn)


BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0