TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

'China Perang Dingin dengan AS'

Ilustrasi militer China
Ilustrasi militer China
INSTINGJURNALIS.com - Seorang pejabat Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) menyebut tujuan berbagai operasi China di seluruh dunia adalah untuk menggantikan AS sebagai negara adidaya.

Berbicara di Forum Keamanan Aspen dalam sesi terkait kebangkitan China, Michael Collins, wakil asisten direktur Pusat Misi Asia Timur CIA, menyebut Presiden Xi Jinping melakukan "perang dingin" dengan AS.
"Saya berpendapat secara definisi apa yang mereka lakukan terhadap kami pada dasarnya adalah perang dingin, perang dingin tidak seperti saat Perang Dingin, tapi perang dingin secara definisi," ujarnya dikutip CNN, Sabtu (21/7).
"Sebuah negara yang mengeksploitasi semua kekuatan legal dan ilegal, publik dan privat, ekonomi dan militer, untuk menghambat posisi rival relatif terhadap posisinya sendiri tanpa berkonflik," kata Collins menjelaskan. "China tak mau konflik."

Dia mengatakan China ingin semua negara di seluruh dunia, ketika menentukan kepentingan terkait kebijakan, akan lebih memihak Beijing ketimbang Washington.

Dengan melihat tulisan Xi, yang pikirannya belakangan ini diabadikan dalam konstitusi China, kata Collins, jelas bahwa ancaman Beijing merupakan tantangan global terbesar yang dihadapi AS saat ini.

"Hal itu memicu kompetisi dengan kami dan apa yang kami hadapi jauh lebih signifikan daripada yang bisa diberikan oleh Rusia," kata Collins.

Komentar Collins di hari ketiga forum mengamini yang sebelumnya disampaikan sejumlah pejabat senior AS di sana, termasuk Direktur FBI Christopher Wray dan Direktur Intelijen Nasional Dan Coats, yang sama-sama menyebut China sebagai ancaman terbesar AS.

"Saya pikir China, dari perspektif kontraintelijen, dalam banyak hal menghadirkan ancaman paling luas, paling menantang dan paling signifikan, yang pernah kami hadapi sebagai negara," kata Wray.

Sementara itu, Coats mengatakan AS mesti memutuskan apakah China "musuh sejati atau saingan yang sah.

Dia mengkritik upaya China mencuri rahasia bisnis dan penelitian akademis. "Saya pikir di sanalah kita harus mulai menentukan," ujar Coats.

Sumber : CNN Indonesia

Type above and press Enter to search.