TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Gara-gara Ini Turki Hadapi Lebih Banyak Rasa Sakit

Gara-gara Ini Turki Hadapi Lebih Banyak Rasa Sakit

INSTINGJURNALIS.com - Lira Turki mungkin diatur untuk lebih banyak rasa sakit meskipun upaya oleh regulator perbankan negara itu untuk mengekang kemampuan investor untuk membeli dan memendek mata uang nasional.

Perbaikan politik cepat cenderung memberikan reli jangka pendek ke pasar valuta asing, tetapi sering menyebabkan kebangkitan dalam volatilitas dalam hitungan hari, menurut Macquarie Research.

"Dilihat dari standar krisis ekonomi-politik masa lalu, gejolak tiga minggu Turki hampir tidak pernah dimulai," tulis Thierry Wizman, suku bunga global dan ahli strategi mata uang di Macquarie Group.

"Sebuah reli sementara dalam mata uang yang berada dalam krisis (seperti yang kita lihat hari ini di TRY) tidak biasa." ucapnya dikutip CNBC.

Badan Pengaturan dan Pengawasan Perbankan Turki pada hari Rabu mengurangi jumlah kontak pasar swap yang dapat diambil oleh bank-bank asing dengan harapan mengurangi akses ke mata uang yang terkepung dapat memberikan stabilitas sementara.

Badan ini telah menetapkan bahwa bank tidak dapat lagi menjalankan kontrak swap di atas 25 persen dari ekuitas yang mereka pegang. Angka itu sebelumnya 50 persen.

Lira turun sebanyak 20 persen terhadap dolar AS pada Jumat dan 6,6 persen lagi pada Senin untuk mengakhiri sesi di 6,88, mencapai rekor terendah baru sepanjang minggu lalu.
[CUT]
Mata uang Turki memangkas kerugian tersebut pada hari Rabu, naik 3,8 persen. (Pada grafik di atas, peningkatan sama dengan lira Turki yang melemah.)

Ahli strategi menyoroti krisis di masa lalu, seperti gejolak mata uang Asia 1997, ketika Dana Moneter Internasional campur tangan untuk membantu menstabilkan baht Thailand, won Korea Selatan dan lainnya. Tetapi ketika bantuan IMF pada awalnya membantu mendorong demonstrasi singkat, perputaran itu biasanya berlangsung "hanya beberapa hari" dan menghasilkan kejengkelan terus-menerus baik untuk penjual pendek maupun pembeli.

Rally di FX dipicu oleh intervensi IMF bukan awal dari reli FX yang berkelanjutan. (Memang, Indonesia mendapat empat program IMF, bagaimanapun, sebelum stabil.) Penyesuaian ekonomi, default, dan persyaratan IMF yang dipicu oleh devals menyebabkan gejolak politik, "Wizman menambahkan. Volatilitas politik pada gilirannya" menciptakan lebih banyak ketidakpastian dan bertahan untuk banyak bulan. Bagaimanapun, perdagangan tetap berbahaya sampai pertengahan 1998. "

"Dalam kasus apa pun, lira Turki dapat bergerak naik atau turun dalam jangka pendek, tetapi titik yang lebih luas adalah bahwa kejutan dan tempat tidur - volatilitas - akan tetap ada di tikungan untuk satu tahun lagi di lira," katanya.

Yang pasti, volatilitas lanjutan dalam mata uang pasar berkembang tidak selalu mengeja downside untuk pasar ekuitas AS.

Nicholas Colas, pendiri riset DataTrek Research dan mantan kepala strategi pasar di Convergex Group, mengatakan dalam catatan Rabu bahwa krisis seperti itu membutuhkan waktu untuk berkembang dan bahwa saham AS mungkin masih memiliki ruang untuk berjalan sebelum kesengsaraan mata uang mulai memiliki dampak berkelanjutan.

"Menyimpulkan, ada tiga poin yang perlu diingat: Krisis pasar yang muncul membutuhkan waktu untuk berkembang, dan pada saham AS pertama akan mengabaikan potensi dampak apa pun," tulisnya. "Ekuitas AS dapat terus mengalami rally bahkan saat krisis terjadi, asalkan tidak ada dampak negatif bagi perekonomian AS.

"Krisis pasar yang sedang berkembang memang membuat peluang liar - tetapi ayunan pendek dalam harga ekuitas lebih mungkin," tambahnya. (sul)

Editor : Dimas

Type above and press Enter to search.