50 Persen Jalan di Kabupaten Bone Rusak, Pemerintah Butuh Dana Tiga Triliun

6/25/2020 | 16:19 WIB

Bagikan:

INSTINGJURNALIS.Com--Sedikitnya, ada 50 persen ruas jalan dalam naungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, masuk kategori rusak berat.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bone, Jibang menyebutkan, panjang ruas jalan kabupaten dan jalan desa mencapai 2.400 kilometer (km) lebih. Hasil observasi di lapangan, diketahui 50 persen diantaranya  jalan mengalami kerusakan atau sekitar 1.200 km.

"Kurang lebih mencapai 50 persen jalan di Kabupaten Bone membutuhkan perbaikan," kata Jibang, Kamis (25/06/2020).

Jibang menyebutkan bahwa anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan mencapai puluhan triliun. Hanya saja anggaran perbaikan yang dikucurkan pemerintah daerah hanya mencapai 23 miliar atau hanya sekitar 10 km pertahun.

"Untuk total anggaran perbaikan jalan itu membutuhkan sekitar 3 triliun, sementara pemerintah hanya menganggarkan 23 miliar atau hanya 10 km, itupun kita alihkan untuk penanganan covid-19," lanjut Jibang.

Jibang mengaku membutuhkan anggaran tidak sedikit untuk perbaikannya. Sebab, untuk peningkatan jalan per kilometer, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar. Itu adalah nilai standar dalam proses peningkatan jalan.

Jika mengacu pada klasifikasi kondisi jalan, tidak mungkin bisa dilakukan penanganan secara optimal. “Kemampuan anggaran kita kan memang terbatas. Coba dibayakan anggaran 23 miliar itu hanya cukup 10 km,” ujarnya.

(Muhammad Irham)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI