TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Memasuki 2 Tahun Beroperasi, Gerai Perizinan Keluarkan Ribuan Izin Sumbang PAD Ratusan Juta

Memasuki 2 Tahun Beroperasi, Gerai Perizinan Keluarkan Ribuan Izin Sumbang PAD Ratusan Juta
Lanching dan MoU gerai perizinan administrasi perizinan sektor kelautan dan perikanan antara Pemkab Sinjai dan Pemprov Sulsel, Rabu (19/12/2018) lalu


INSTINGJURNALIS.com  - Terobosan Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawa "Komando" Andi Seto Asapa (ASA) untuk menghadirkan Gerai perizinan pelayanan administrasi sektor perikanan dan kelautan, menjadi bukti hadirnya Pemerintah ditengah masyarakat.


Sebab, hadirnya gerai yang terletak di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara memberi dampak positif bagi para pelaku usaha di bidang perikanan. 


Bahkan, pasca di Launching Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) pada Desember 2018 lalu, gerai tersebut kini menjadi percontohan beberapa daerah di Sulawesi Selatan.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, Lukman Dahlan mengungkapkan, memasuki dua tahun beroperasi gerai perizinan kerjasama antara Pemkab Sinjai dengan Pemprov Sulsel, kini telah mengeluarkan ribuan izin.


Itu kata Lukman, untuk periode Januari 2019 hingga September 2020. Masing-masing izin yang dikeluarkan gerai untuk periode Januari 2019 hinga September 2020 diantaranya, Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) sebanyak 142, Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) 1.495.


Kemudian, Surat Izin Usaha Pengangkutan Ikan (SIKPI) 144, Bukti Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP) 94 (gratis) dan ANDON 73 Izin (gratis). Dari ribuan izin yang dikeluarkan gerai ini, menyumbang PAD hingga ratusan juta rupiah.


Total PADnya Rp.684.860.000, dari total 1.948 izin yang telah dikeluarkan. Rinciannya, untuk SIUP total PAD yang dihasilkan sebanyak Rp.159.500.000,- SIPI Rp.481.620.000,- SIKPI Rp. 43.740.000," ungkap Lukman, Kamis (10/9/2020).


Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengemukakan, gerai pelayanan administrasi perizinan tersebut, memang merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Sinjai.


Dengan harapan, hadirnya gerai ini semakin memudahkan serta mendekatkan jarak pembuatan dokumen bagi nelayan di Kabupaten Sinjai.


"Alhamdulillah dampaknya sangat baik, disamping memudahkan nelayan gerai ini juga menyumbang PAD," ujarnya. (*)


Editor : Satria



m

Komentar0

Type above and press Enter to search.