TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tingkatkan Minat Literasi, Lima Perpustakaan Desa di Sinjai Terima Bantuan

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Lima Perpustakaan Desa di Kabupaten Sinjai akan menerima bantuan dari Perpustakaan Nasional. Bantuan melalui program Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial 2021 akan menjadi percontohan penerima manfaat.


Kelima desa itu diantaranya, Perpustakaan Desa Saohiring Kecamatan Sinjai Tengah, Desa Kalobba dan Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Desa Polewali Kecamatan Sinjai Selatan dan Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat


Bantuan tersebut nantinya berupa sarana dan prasarana penunjang layanan perpustakaan dan pengembangan kompetensi SDM pengelola perpustakaan desa.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai, Dr. Mansyur mengatakan, fasilitas tersebut sebagai motivasi bagi pengembangan perpustakaan desa untuk bertransformasi layanan yang berbasis inklusi sosial serta meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.


"Terlebih dahulu kita melakukan evaluasi dan verifikasi cikal bakal perpustakaan desa yang ada disana, khususnya tempat dan sarana prasarana lainnya seperti jaringan internet, ini yang menjadi acuan Perpustakaan Nasional untuk memberikan bantuan," jelasnya. 


Lebih lanjut Mantan Sekretaris Diskominfo Sinjai ini menuturkan program ini bertujuan untuk memperkuat peran perpustakaan desa dalam meningkatkan kualitas SDM di lingkungan sekitar desa sehingga kemampuan literasi meningkat yang berujung peningkatan kreativitas masyarakat dan kesenjangan informasi.


"Bantuan ini juga merupakan upaya dari dari pemerintah demi untuk memajukan perpustakaan yang ada di desa sekaligus untuk meningkatkan minat literasi di kalangan masyarakat," tandasnya. 


Sebelum bantuan ini disalurkan para pengelola perpustakaan desa diberikan pelatihan agar nantinya mampu mengelola perpustakaan desa dengan baik sehingga program literasi di desa semakin berkembang.

Komentar0

Type above and press Enter to search.