Wujudkan Tri Dharma, UIN Alauddin Makassar Jalin Kerjasama dengan Pemkab Sinjai

7/12/2021 | 15:16 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Negeri Islam (UIN) Alauddin Makassar menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai, di ruang rapat Senat UIN Alauddin Makassar, Senin (12/07/2021). 


Kerjasama itu diteken langsung Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama Rektor UIN Alauddin Makassar, yang diwakili Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Dr Kamaruddin Abu Nawas. 


Kamaruddin mengatakan, kerjasama ini mencakup pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Itu dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kemitraan dengan pemerintah daerah yang bermuara pada peningkatan mutu dan kualitas Sumber daya Manusia (SDM).


"Itu yang akan kita perluas nanti sehingga rekan-rekan (Dekan red) tentu dan para pimpinan lembaga sangat antusias untuk kerjasama ini kedepan," ungkapnya.


Sementara itu, Bupati ASA, menyambut baik kerjasama ini, lantaran sejalan dengan misi Pemkab Sinjai dalam meningkatkan kualitas SDM yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Kuasa.


Tak hanya sekedar seremonial belaka, namun kerjasama ini diharapkan ke depan, memberikan kontribusi positif terhadap Pemkab Sinjai.


Harapan lainnya, kata Bupati ASA dapat membantu dan mempermudah putra-putri Sinjai yang ingin melanjutkan atau menempuh pendidikan hingga jenjang strata satu (S1) dan seterusnya. Termasuk, kesempatan untuk mendapatkan bantuan pendidikan berupa beasiswa.


"Mudah-mudahan bisa membantu Pemkab dalam mencari solusi-solusi permasalahan yang ada di Kabupaten Sinjai dan juga bisa membuat program-program khususnya yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan yang sejalan dengan program kami," harapnya.


Perlu diketahui bahwa salah satu program bidang keagamaan yang saat ini telah digalakkan Pemkab Sinjai dibawah kepemimpinan ASA yakni program Penghafal Alquran. Dimana program ini melahirkan  puluhan penghafal Alquran setiap tahunnya dengan bekerjasama pondok pesantren yang ada di Sinjai.


Tak hanya itu, Bupati ASA juga mengelontorkan bantuan pendidikan (beasiswa) setiap tahunnya untuk mahasiswa prestasi.


Selain Bupati ASA, penandatanganan kerjasama ini juga dilakukan Pemkab Bantaeng yang diteken Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI