TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Program Pamsimas di Gunung Perak Diresmikan Bupati ASA

 Program Pamsimas di Gunung Perak Diresmikan Bupati ASA

INSTINGJURNALIS.com - Sebanyak 530 Kepala Keluarga (KK) di desa Gunung Perak, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai menikmati program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021.


Pemanfaatan program silang dari Pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pemerintah desa yang tersebar di tiga dusun, itu diresmikan langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), Kamis (12/8/2021).


Bupati ASA mengatakan, program ini merupakan upaya pemerintah menghadirkan air bersih yang sehat, sehingga dapat meningkatkan derajat hidup dan kesehatan masyarakat di desa.


"Ini merupakan program yang insya Allah sangat bermanfaat untuk desa khususnya, ketersediaan air bersih", ujarnya.


Dengan program ini, kata Bupati ASA, diharapkan tidak ada lagi warga desa yang tidak mendapatkan akses air minum yang berkualitas yang dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang sehat. 


"Kalau sudah punya air bersih di lingkungan masing masing, kehidupan akan meningkat, kesehatan akan meningkat", katanya.


Kepada masyarakat Desa Gunung Perak, Bupati ASA menitip pesan agar sarana dan prasarana program Pamsimas ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, termasuk profesional dalam pengelolaan program tersebut.


"Saya berharap pengelolaannya profesional, kesadaran warga untuk memanfaatkan dan memelihara fasilitas yang ada agar Hibah Insentif Desa (HID) berupa bantuan pengembangan Pamsimas kembali diperoleh kedepan", harapnya.


Sementara kordinator Pamsimas Kabupaten Sinjai, Islamiah, menuturkan, program Pamsimas yang berjalan di Kabupaten Sinjai kini memasuki tahap ke lima dan menyasar 62 desa dari 67 desa di Kabupaten Sinjai.


"Kalau di Sinjai Barat Alhamdulillah sudah tersentuh semua, ini berkat komitmen masyarakat dan pemerintah desa untuk menggalakkan program berbasis gotong royong ini. Terlebih kepada Bupati ASA yang telah memberikan suport dan perhatiannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat",  pungkasnya.


Sebagai gambaran, program ini merupakan salah satu program unggulan Bupati yang tertuang dalan visi misi Bupati Sinjai 2018–2023 yaitu menjamin suplai air bersih untuk rakyat dan pembangunan sistem sanitasi.


Untuk tahun ini sebanyak 7 desa di Sinjai mendapatkan program tersebut dengan besaran anggaran sebesar Rp1,34 miliar lebih 


Peresmian pemanfaatan program Pamsimas di desa Gunung Perak turut di hadiri Kadis PUPR, Andi Taufiq Saleh, Camat Sinjai Barat Andi Nasrun, Plt Kepala Desa serta sejumlah warga setempat.


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.