Selangkah Lagi, Pemkab Sinjai Cairkan Dana PEN dengan Bunga 0 Persen

8/02/2021 | 11:05 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah Daerah Sinjai mendapat dana pinjaman Rp 200 miliar dari PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) untuk membiayai pembangunan infrastruktur sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi. 

Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Sinjai akan cair tahun 2021 dengan bunga nol (0) persen.


Pemerintah setempat telah mengirimkan dokumen pencairan ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai pelaksana investasi dari Kementerian Keuangan.


"Dana PEN yang diajukan 2020 kemarin akan cair tahun 2021 ini dengan bunga Nol persen, kami sudah kirim dokumen pencairannya," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Hj Ratnawati, Senin (02/08/2021). 


Ia menambahkan, dana PEN yang diusulkan tidak dikenakan bunga sepersen pun, hal itu dikarenakan pemerintah lebih dahulu mengajukan pinjaman dana. "Untuk pengajuan tahun 2020 bunganya nol persen, sementara untuk pengajuan 2021 dikenakan bunga, jadi memang ada beberapa daerah dikenakan bunga," tambah Ratnawati. 


Selain itu, menurutnya besaran dana yang dicairkan tergantung dari beberapa luas wilayah dan jumlah penduduk di wilayah itu. Olehnya, ia berharap bisa memberikan dampak yang lebih besar bagi daya beli masyarakat dan dukung perekonomian. 

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI