Mahasiswa Tarbiyah IAIN Bone Gelar Pembekalan KKLP Tahun 2022, Rektor: Taroki Passengereng Madeceng

9/01/2022 | 00:49 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.Com--Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, tahun akademik 2022  melaksanakan KKLP kuliah kerja lapangan plus. Sebelum pelaksanaan KKLP terlebih dahulu mengadakan pembekalan kepada Mahasiswa, agar nantinya dilapangan telah memahami tugas dan fungsinya.


Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa semester VII sebanyak 573 orang mahasiswa dengan rincian 148 mahasiswa dari prodi MPI, 103 orang mahasiswa Prodi TBI, 159 orang mahasiswa Prodi PAI, 103 orang mahasiswa prodi PGMI, 22 orang mahasiswa prodi PIAUD dan 38 orang mahasiswa dari Prodi PBA.


Untuk KKLP mahasiswa akan ditempatkan di beberapa kecamatan di Kabupaten Bone, antara lain kecamatan Ulaweng, Kecamatan Ponre, Kecamatan Barebbo, Kecamatan  Sibulue, Kecamatan Cina, Kecamatan Mare, dan Kecamatan Tonra.


Pembukaan pembekalan dihadiri oleh Rektor IAIN Bone, Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag., bersama wakil rektor IAIN Bone mengatakan agar para peserta KKLP senantiasa menjaga nama baik almamater. 


Mereka berharap agar kehadiran mahasiswa KKLP IAIN Bone di lokasi membawa berkah dan manfaat dengan  inovasi-inovasi yang dapat menuai prestasi bagi masyarakat sekitar.


Sehingga kata dia, kehadiran mahasiswa tidak hanya berbeda dengan mahasiswa KKLP lainnya tapi juga dapat menuai amal jariyah dari inovasi tersebut.


“Proker tak perlu muluk-muluk yang penting nyata inovasi yang kalian lakukan sehingga prestasi pun kalian bisa bawa pulang,” ujar pak Rektor.


Selanjutnya Syahabuddin pun mengharapkan pentingnya peran aktif dosen pembimbing. "Jangan memberi kesan sombong dan angkuh, tidak boleh ada ego sektoral. 


"Bakti anak-anak mahasiswa dibutuhkan almamater, jadi jangan main-main. Baik mahasiswa KKLP maupun dosen pembimbingnya harus bisa tunjukkan kerja secara nyata di tengah masyarakat  Taroki passengereng madeceng," harap Rektor IAIN Bone tersebut.


Kemudian ia menjelaskan, Mahasiswa Tarbiyah adalah mahasiswa yang cerdas dan terdidik yang senantiasa mengedepankan adab dan kesopanan.. Tetap berpegang pada filosofi Padi, yang semakin berisi semakin menunduk.


"Sopanlah agar orang lain segan. Bekerjalah nyata dengan penuh berkah dan manfaat meski hanya secuil makna di desa tersebut,” tegas pak Rektor di akhir kata sambutannya.


Informasi, kegiatan pembekalan tersebut, panitia pelaksana menghadirkan Camat Ulaweng, Camat Cina, Camat Barebbo, Camat SibuluE, Camat Mare, Camat Ponre dan Camat Tonra sebagai pemateri guna untuk memberikan materi sebagai bekal kepada para mahasiswa KKLP seputar Pengenalan Lokasi Adat dan Budaya Masyarakat di daerah masing-masing.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI