Daftar Haji di Sinjai Tahun Ini, Berangkatnya 25 Tahun Kemudian

 

Pemberkatan Haji. (Google)

INSTINGJURNALIS.COM Daftar tunggu atau antrean jemaah haji di Bumi Panrita Kitta' sebutan daerah Kabupaten Sinjai, setiap tahun meningkat. Minat masyarakat Sinjai untuk menunaikan rukun Islam kelima, ini cukup tinggi.


Dari data Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai, jumlah Calon jemaah haji (CJH) yang telah mendaftar hingga awal tahun 2023 sebanyak 5.872 jemaah.


Data ini sesuai Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag. Jika dihitung kuota jemaah haji, maka masa tunggu haji di Kabupaten Sinjai hingga 25 tahun.


"Merujuk pada Estimasi waiting-list nyaris capai 25 Tahun. Pemberangkatan haji di atas, terjawab sudah pertanyaan daftar haji 2023 berangkat tahun 2048," kata pengelola Siskohat Kemenag Sinjai, Djalaluddin, Jumat (20/1/2023)


Meski demikian, tahun pemberangkatan belum dapat dipastikan dengan akurat, karena menunggu kebijakan dari pemerintah setempat yang bisa berubah sewaktu-waktu.


Menurut Djalaluddin, pemberangkatan jemaah tahun ini kembali normal. Termasuk soal pembatasan usia yang tahun sebelumnya diberlakukan, tahun ini jemaah berusia diatas 65 tahun bisa berangkat.


“Tahun ini ibadah haji kembali normal tanpa adanya pembatasan usia. Umur tidak dibatasi, 65 tahun keatas bisa berangkat,” sambungnya.


Sementara untuk kuota haji tahun 2023 belum ada kepastian. "Untuk kuota belum ada informasi lebih lanjut, tapi mudah-mudahan ikut normal seperti 3 tahun sebelumnya yakni 234 jemaah", jelasnya.


Sekadar diketahui tahun 2022 lalu jumlah jemaah haji Kabupaten Sinjai yang diberangkatkan hanya sekitar 107 jemaah. Jika dipresentasikan, hanya sekitar 46 persen dari kuota yang ditetapkan setiap tahun. (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI :


Bagikan :
RajaBackLink.com