Gelang Ajar Pramuka Sinjai, Diharapkan Lahir Pembina Handal

Gelang Ajar Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai di SMAN 1 Sinjai. (Atir/Salim)

INSTINGJURNALIS.COM
 
 Pembina Pramuka diminta terbiasa menggunakan prinsip dasar metode kepramukaan (PDMK) dalam pembelajaran. Selain itu, menyandingkan PDMK dengan pendidikan karakter di sekolah.


Demikian diungkapkan Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, saat membuka Gelang Ajar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sinjai, di Aula pertemuan SMAN 1 Sinjai, Jumat (13/1/2023).


"Sandingkan PDMK dengan pendidikan karakter dan kurikulum sekolah untuk mendukung kegiatan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang memang wajib diaplikasikan," ucapnya.


Jefrianto berharap Gelang Ajar mampu menghasilkan insan-insan pembina Pramuka Berkualitas dan berkarakter, serta menguasai keterampilan kepramukaan yang berkualitas untuk melakukan pembinaan yang lebih baik di masa yang akan datang.


"Tentu melalui kegiatan ini kita semua berharap mampu membentuk pembina yang handal dan menguasai keterampilan kepramukaan yang lebih baik. Bawalah Pramuka dalam kehidupan masyarakat dengan selalu menjadi contoh terdepan dalam semua hal," harap Jefrianto yang juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai.


Gelang Ajar yang dihadiri segenap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai, serta diikuti oleh puluhan para Pramuka penggalang, siaga, dan penegak se-kabupaten Sinjai, mengusung tema "Menciptakan pembina Pramuka yang berkualitas dan berdedikasi".


Sebelumnya Ketua Panitia pelaksana, Syamsul Hidayat, mengemukakan Gelang Ajar Kwarcab Gerakan Pramuka merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2023.


Tujuannya, kata dia untuk memberikan bekal keterampilan praktis, cara membina Pramuka penggalang, siaga dan penegak serta meningkatkan keterampilan mengelola satuan Pramuka yang ada.


"Setelah mengikuti kegiatan ini peserta diharapkan mampu menerapkan secara efektif cara membina pramuka sesuai golongannya. Termasuk mendirikan prinsip dasar kepramukaan, membina dan mengembangkan mental, moral, fisik, emosi, keterampilan kepramukaan, sosial dan pengalamannya di tengah masyarakat," pungkasnya. (Satria)

Bagikan :
RajaBackLink.com