Tantangan Pendidikan di Era Digital Menurut Plt Kadisdik Sinjai, Ternyata Berat

 

Plt Kadisdik Sinjai Irwan Suaib menjadi narasumber di seminar pendidikan Wahdah Islamiyah.

INSTINGJURNALIS.COM
  Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Irwan Suaib, didaulat menjadi salah satu narasumber dalam seminar pendidikan dalam rangkaian Musyawarah Daerah (Musda) VI Wahdah Islamiyah di Gedung Pertemuan Sinjai, Minggu (22/1/2023)


Materi yang diangkat mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, itu adalah "Tantangan Pendidikan di Era Digital".


Dalam pemaparannya, ia menyebut bahwa kondisi zaman atau kehidupan saat ini dipermudah dengan hadirnya teknologi yang serba canggih. 


Namun, dibalik kemudahan yang diberikan melalui pesatnya perkembangan teknologi, ada beberapa ancaman yang mesti dipahami dengan baik oleh masyarakat, seperti banyaknya beredar pemberitaan yang tidak benar (hoax), radikalisme, penipuan, ujaran kebencian, dan banyak hal negatif lainnya.


Olehnya itu, mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, ini menjabarkan beberapa solusi bagi para orang tua untuk menghindari dampak negatif digitalisasi bagi pendidikan.


"Disini sebagai orang tua, penting untuk selalu memberikan pendampingan kepada anak-anak dalam menggunakan teknologi, dan yang terpenting adalah orang tua harus membangun pondasi pertahanan anak dengan akhlak," bebernya.


Irwan juga menekankan pentingnya para guru atau pendidik di sekolah untuk mengintegrasikan 6 dimensi profil pelajar Pancasila kepada anak.


Diantaranya beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.


"Dalam filosofi pendidikan, kodrat anak itu ibarat kertas kosong. Dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik. Kodrat anak ibarat kertas yang telah diisi dengan penuh coretan dan tulisan. Tetapi semua masih dapat diubah dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih baik," pungkasnya di akhir materi.


Seminar yang mengusung tema "Refleksi Peran Orangtua dalam Mendidik Anak", turut menghadirkan sejumlah narasumber lainnya, yakni Ustadz Dr. Askar Yaman membawakan materi seminarnya yang berjudul "Jadikan Rumahmu sebagai Madrasah Terbaik Bagi Anak". (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Bagikan :
RajaBackLink.com