TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Buka Bimtek KPPS, Bupati ASA Tekankan Profesionalitas dan Amanah

 

Bupati Sinjai membuka Bimtek KPPS. (Salim)

INSTINGJURNALIS.COM   -   Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), meminta kepada panitia pemilihan kepala desa (PPKD) tingkat Kabupaten dan Desa dapat bekerja profesional. Terlebih kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023.


Harapan itu disampaikan Bupati ASA dalam bimbingan teknis (bimtek) yang diikuti ratusan KPPS yang menyelenggarakan Pilkades serentak di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa (7/2/2023)


KPPS diminta untuk memahami aturan pemungutan suara yang telah ditetapkan, termasuk bagaimana mekanisme perhitungan suara sah dan tidak sah.


Hal ini penting kata Bupati ASA, mengingat pengalaman pelaksanaan Pilkades tahun 2022 lalu masih terjadi hal demikian. Sengketa Pilkades terkait perhitungan suara sah dan tidak sah menjadi pekerjaan rumah PPKD.


Bupati AS mencontohkan, kasus coblos tembus karena kertas suara tidak terbuka secara utuh sehingga suara dinyatakan tidak sah. 


"Kasus seperti ini banyak terjadi di Pilkades tahun lalu karena penyelenggara tidak memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat. Mudah-mudahan ini tidak terulang lagi di Pilkades tahun ini," pungkasnya.


Dikatakan, keberhasilan Pilkades sangat ditentukan oleh profesionalisme panitia. Oleh karenanya panitia harus bekerja dengan amanah, jujur dan sesuai ketentuan, baik yang diatur dalam Undang undang, Peraturan Menteri maupun Peraturan Bupati (Perbup).


"Saya harap kepada peserta untuk mengikuti Bimtek ini secara sungguh- sungguh sehingga Ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan dilapangan sehingga pelaksanaan pilkades berjalam aman dan damai serta melahirkan pemimpin yang bisa membuat masyaralat semakin sejahtera" harap Bupati.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sinjai Dr. Yuhadi Samad mengatakan, tujuan pelaksanaan Bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada KPPS dalam menyelenggarakan pemungutan suara nantinya.


"Bimtek ini kita laksanakan selama dua hari dengan jumlah peserta 332 petugas KPPS. Harapan kita semua yang mengikuti Bimtek ini paham dan mengerti peraturan dalam pelaksanaan pilkades nanti," harapnya. 


Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong,  para Forkopimda,  Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, para Kepala OPD dan Para Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD). (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.