TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Semarak Februari HJS ke-459, Pemkab Sinjai Siapkan Kegiatan Baksos dan Anjangsana

 

Rapat seksi Baksos dan Anjangsana. (Humas)

INSTINGJURNALIS.COM Panitia Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459, menyiapkan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah bakti sosial dan ajangsana yang direncanakan berlangsung pada tanggal 23 Februari mendatang.


Kepala Dinas Sosial, Andi Muhammad Idnan mengatakan, khusus untuk bakti sosial akan dilaksanakan secara serentak disemua desa dan Kecamatan di Kabupaten Sinjai dengan melibatkan seluruh stakeholder dan masyarakat.


"Jadi dalam rangka pelaksanaan HJS, kita mau menjadikan momentum bahwa menyangkut masalah kebersihan daerah Kabupaten Sinjai menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga mari kita peduli dalam rangka peningkatan kebersihan kota dan desa di Sinjai," ungkap Idnan, usai melakukan pertemuan dan koordinasi di ruang kerja Kadis Kominfo dan Persandian, bersama seksi bakti sosial dan ajangsana HJS ke-459, Senin, (6/2/2023)


Melalui momentum yang akan dilaksanakan tersebut, Idnan berharap kedepan kebersihan dapat menjadi tanggung jawab bersama serta menjadi budaya dikalangan masyarakat. Olehnya itu, diharapkan peran serta seluruh masyarakat agar kegiatan dan niat yang akan dilaksanakan pemerintah dapat berjalan dengan baik.


"Harapan kita kedepan, mudah-mudahan dengan baksos ini menjadi pemicu dan motivasi untuk masyarakat kedepan, sehingga kebersihan menjadi tanggung jawab kita berasama," harapnya.


Sementara itu, Kepala BPBD Sinjai, Drs. Budiaman menambahkan bahwa, tahun ini kemasan pelaksanaan HJS yang dibingkai dengan semarak Februari itu tujuannya bagaimana semakin menguatkan komitmen untuk bersatu melanjutkan pembangunan. 


"Ini inti daripada kegiatan yang dilaksanakan di semarak februari, kita mau melihat bagaimana kebersamaan kita antara pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai dalam memperingati hari jadinya yang ke-459 Tahun," ujarnya.


Budiaman yang juga Penanggung Jawab Bakti Sosial juga mengatakan, khusus untuk bakti sosial dibawa koordinasi Dinsos itu memang ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada termasuk Baznas Sinjai.


"Baznas telah melaksanakan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi layak huni yang insya allah akan kita ajukan ke bapak bupati untuk di resmikan yang akan disesuaikan dengan jadwal nantinya," kata dia.


Itu akan diresmikan penggunaannya bagi masyarakat yang terkena musibah sebanyak empat rumah yaitu di Kecamatan Bulupoddo, Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, dan Sinjai Selatan 


Kemudian dari Palang Merah Indonesia (PMI) juga akan melaksanakan kegiatan seperti donor darah yang bekerjasama dengan Dinkes Sinjai di pusat pameran nantinya.


"Ada juga sunatan massal. Ini kita rencanakan kalau bisa dilaksanakan di setiap puskesmas. Kenapa di puskesmas bukan di pusatkan di kota, karena kita ingin peruntukannya buat masyatakat secara keseluruhan," bebernya.


Menurut Budiaman, kegiatan seperti itu digulirkan disemua kecamatan, sehingga masyarakat merasakan kehadiran semarak Februari ini dan akan terwujud bagaimana bersatu melanjutkan pembangunan yang ada di Sinjai.


"Karena keberhasilan pembangunan yang telah kita capai dan telah dinikmati oleh masyarakat tidak boleh berhenti dengan kegiatan yang telah ada," katanya.


Khusus untuk kegiatan ajangsana kata Budiaman, kemasaanya akan lebih menguatkan simpul silaturahim antara pemerintah dan masyarakat utamanya bagi masyarakat yang tidak mampu. (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.