TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Sasar Pelaku UMKM, BBPSDM Kemkominfo Gelar Pelatihan DEA di Sinjai

 


INSTINGJURNALIS.COM Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) digelar Kementerian Kominfo melalui Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia (BBPSDM) Kominfo Makassar bekerjasama dengan Pemkab Sinjai.


Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti sebanyak 300 peserta yang terbagi dalam dua jenis tema pelatihan yakni kewirausahaan digital dasar dan pemasaran digital dasar. 


Pelatihan yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM ini, dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (15/3/2023)


Kepala BBPSDM Kominfo Makassar Dr. R.M.Agung Harimurti mengungkapkan kegiatan DEA  merupakan salah satu program Kemkominfo yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Wirausaha Digital kepada para UMKM agar dapat dengan siap terus memajukan UMKM untuk tumbuh dan berkembang dengan wirausaha secara digital.


Dikatakan, berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Sinjai sangat bagus namum belum mampu dipasarkan secara luas sehingga perlu ada peningkatan SDM dalam memanfaatkan teknologi digital. 


"Di Sinjai ini dikenal dengan potensi perikanan, peternakan, pertanian dan industri kecil yang bagus, namun belum masuk ke ranah global. Untuk itu kita buat koneksi melalui pelatihan agar potensi Sinjai bisa dinikmati oleh pasar global sehingga perekonomian masyarakat Sinjai semakin maju," jelasnya. 


Penjabat Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, pelatihan ini sangat penting untuk menguatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pelaku UMKM khususnya pada bidang digitalisasi.


"Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan serta skill seluruh peserta untuk dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan keterampilan mengakses dan mengelola teknologi serta menciptakan inovasi yang adaptif terhadap teknologi informasi," katanya. 


Selain itu,  dengan adanya kegiatan ini akan menuntun pemberdayaan UMKM untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas serta memberikan multi efek untuk mendukung UMKM tersebut dapat lebih berkembang lagi ke depan.


"Oleh karena itu melalui kesempatan seperti ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai bekal awal para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat teknologi," tuturnya. 


Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan,  Lukman Fattah,  Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Dr. Mansyur, Kadis Koperasi,  UKM dan Tenaga Kerja Ir. H. Ramlan Hamid dan Koordinator Bidang SDM BBPSDMP Kominfo Makassar Djunaidy Aspan. (AC)




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.