TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tembus Top 50, 3 Inovasi Pemkab Sinjai Akan Jalani Verifikasi Lapangan

 

Proses wawancara dan persentasi inovasi KIPP Pemkab Sinjai. (Dinkes)

INSTINGJURNALIS.COM Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai lolos top 50 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP).


Hal demikian dibenarkan Kepala Bagian Organisasi, Andi Sompa. Ia mengatakan ada 3 inovasi Pemkab Sinjai yang lolos top 50 berdasarkan berdasarkan hasil pengumuman Tim Sekretariat Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan, tanggal 28 Februari 2023 lalu.


Inovasi tersebut yakni inovasi  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) diantaranya, "Sayang Dilan" (Siap Layani dan Kunjungi Penyandang Disabilitas dan Lansia) dan "Pencet Wa Saja" (Pelayanan Cepat via WhatsApp Sehari Jadi).


Sementara satu inovasi lainnya dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai "Teman Karib" (Temukan Masalah Ibu Hamil dengan Kartu Ibu). Teman Karib ini merupakan inovasi yang dicetuskan salah satu bidan Puskesmas Mannanti, Nurwaida, Amd. Keb.


"Alhamdulillah pada kompetisi inovasi tingkat Provinsi tahun 2023 dari enam inovasi yang dikirim, tiga diantaranya berhasil menembus Top 50. Ini sesuatu yang membanggakan," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, (10/3/2023).


Ketiga inovasi tersebut kata dia, telah memasuki tahap presentase dan wawancara oleh para tim evaluator kompetisi inovasi pelayanan publik, pada Kamis, (9/3/2023) kemarin di Hotel Sheraton Makassar.


Selanjutnya, inovasi pelayanan publik yang masuk Top 50 KIPP akan mengikuti tahapan verifikasi lapangan mulai tanggal 13-26 Maret. Pihaknya optimis tiga inovasi tersebut dapat lolos menuju Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik


"Insya Allah kita sangat optimis ketiganya mudah-mudahan bisa lolos Top 30, mengikuti jejak inovasi Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) sampai tingkat Nasional inovasi Sinovik," jelasnya.



Andi Sompa menyebut, enam inovasi yang sebelumnya dikirim ke tingkat Provinsi, akan kembali didorong ke tingkat Nasional pada Kompetisi Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). (AC)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0