TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Program Seragam Sekolah Gratis dan Beasiswa Berprestasi Bupati Sinjai Dinilai Berlebihan Serta Boros Anggaran

 

Ilustrasi Beasiswa Berprestasi dan Seragam sekolah. (Google)

INSTINGJURNALIS.COM   Di mulai pada tahun 2019 hingga 2022 lalu, program seragam pendidikan gratis Pemerintah Kabupaten Sinjai terus dijalankan. Bahkan 4 tahun terakhir dimana masa kepemimpinan Andi Seto Asapa (ASA) telah menggelontorkan APBD hingga puluham miliar rupiah guna untuk fasilitasi masyarakatnya pengadaan seragam sekolah gratis.


Terhitung sejak awal bergulirnya program tersebut, secara keseluruhan sebanyak 26.881 peserta didik tingkat SD dan SMP, telah merasakan bantuan seragam sekolah gratis dari Pemkab Sinjai ini.


Hanya saja, program seragam sekolah gratis itu menjadi perdebatan ditengah masayakat. Bagaimana tidak, dimana program seragam sekolah gratis ini dinilai boroskan anggaran. Pemkab Sinjai dinilai berlebihan memanjakan rakyatnya.


"Kalau menurut saya program seragam sekolah gratis Pemda Sinjai itu berlebihan karena beberapa kabupaten kota di provinsi sulsel dengan PAD yang tinggi tidak memprogramkan seragam sekolah gratis. Ini malah memboroskan anggaran hingga puluhan miliar rupiah dan saya rasa program ini berlebihan juga," ungkap Hamid.


Lain halnya, salah satu warga Kabupaten Bulukumba dan Bone dimana menilai Pemkab Sinjai peduli dengan dunia pendidikan di daerahnya. Selain program seragam sekolah gratis dicanangkan juga beasiswa terhadap mahasiswa berprestasi.


"Selaku mahasiwa dari kabupaten Bone kami sangat manginginkan program seperti yang di Sinjai, dimana dapat diakses didunia pendidikan dan kami berharap pemerintah kami ikut ke Kabupaten Sinjai guna menekan angaka putus sekolah," ungkap Ahmad.


Telah diketahui Selama memimpin Kabupaten Sinjai, Bupati Andi Seto Asapa (ASA) menaruh perhatian besar dalam membangun dunia pendidikan demi mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.


Tak tanggung-tanggung, selama 4 tahun kepemimpinannya, Bupati ASA mengucurkan anggaran sebesar Rp3 miliar lebih setiap tahunnya untuk memberikan bantuan seragam sekolah dan perlengkapan belajar bagi peserta didik SD dan SMP, baik negeri maupun swasta yang disalurkan oleh Dinas Pendidikan.


Terhitung mulai 2019 hingga 2022 lalu, sebanyak 26.881 peserta didik tingkat SD dan SMP, telah merasakan bantuan seragam sekolah gratis dari Pemkab Sinjai.


Dimana untuk peserta didik SD yang telah mendapatkan seragam sekolah gratis sebesar 14.710 orang, sedangkan pelajar SMP sebanyak 12.171 orang.


Berikut rincian data jumlah peserta didik yang telah merasakan bantuan seragam sekolah dan perlengkapan belajar gratis dari Pemkab Sinjai mulai tahun 2019 hingga 2022:


Tahun 2019

SD: 3.531 orang

SMP: 3.216 orang


Tahun 2020

SD: 3.659 orang

SMP: 3.038 orang


Tahun 2021

SD: 3.618 orang

SMP: 3.003 orang


Tahun 2022

SD: 3.902 orang

SMP: 2.914 orang


Jumlah penerima di tiap tingkatan satuan pendidikan

SD: 14.710 orang

SMP: 12.171 orang


Jumlah keseluruhan: 26.881 orang. 

**Satria 




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0