TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Pasangan Prabowo - Gibran Makin Kuat Usai Pendukung Jokowi Merapat

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  -  Kesempatan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk memenangkan Pilpres 2024 semakin kuat. Hal itu lantaran adanya dukungan penuh para pendukung Jokowi yang mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. 


Peneliti Senior Populi Center, Usep Saepul Ahyar menerangkan, digaetnya Gibran sebagai cawapres Prabowo, hal itu semakin menarik banyak dukungan dan simpati dari para pemilih Jokowi di 2019 silam.


Menurutnya, tindakan tersebut menjadi amunisi yang tepat untuk menarik banyak suara dukungan, dari pemilih muda, PDIP, relawan Jokowi hingga para pendukung Gibran di Jawa Tengah. 


“Seiring waktu karena Gibran diambil, kecenderungan pendukung Jokowi juga berbeda, berpindah, walaupun masih ada yang ke Pak Ganjar, karena pemilih Pak Jokowi pada dasarnya pemilih Ganjar kemudian melihat Gibran menjadi cawapres Prabowo, proses kecenderungan irisannya itu kini banyak sekali yang mendukung Prabowo,” kata Usep, dalam keterangannya, Sabtu (4/11/2023).


Usep melanjutkan, banyaknya limpahan dukungan kepada Prabowo-Gibran itu lambat laun semakin terlihat belakangan ini. Hal itu terlihat saat organisasi relawan Jokowi yang bernama Projo memberikan dukungan penuhnya kepada Prabowo untuk menjadi pemimpin Indonesia periode berikutnya. 


“Banyaknya dukungan kepada Prabowo bisa dilihat dari para pendukung resmi Jokowi ataupun para pemilih yang menyatakan puas terhadap pemerintahan Pak Jokowi dan ini jumlahnya sangat banyak,” tutur Usep.


Jika dibedah lebih dalam, para pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, kini lebih condong memberikan dukungannya kepada Prabowo-Gibran. Merujuk pada data Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 16-18 Oktober 2023, Prabowo-Gibran terus mendapatkan dukungan dari pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di 2019 dengan total suara mencapai 35,5 persen. 


Sedangkan, di dalam survei yang sama pemilih Prabowo di Pilpres 2019 kemarin semakin solid memantapkan pilihannya. Pemilih Prabowo masih setia memberikan dukungan dengan total suara mencapai 65,2 persen. 


Oleh karena itu, Usep menegaskan, limpahan dukungan untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 terus mengalir dari berbagai penjuru kelompok. Mulai dari pendukung dan pemilih Jokowi di 2019, pemilih muda hingga akar rumput, terus memberikan dukungan totalnya kepada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.


“Kecenderungan ketika banyak yang mendukung Prabowo-Gibran lantaran puas terhadap kepemimpinan Pak Jokowi terus menguat dan menunjukkan sinyal positif,” pungkas Usep. (Poskota)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0