TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak dengan 3 Aktivitas Fisik Ini

FOTO: net
INSTINGJURNALIS.Com--Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anak tidak semata-mata dari asupan bergizi, tapi ada tiga pilar lainnya yaitu tidur, inteligensi atau kesehatan pikiran, makan atau asupan yang baik, dan olahraga atau aktivitas fisik.

Hal itu diungkapkan pakar pengasuhan anak Andyda Meliala dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad, 26 Oktober 2019. Menurut ia, untuk aktivitas fisik pada anak-anak usia 5-17 tahun, sebaiknya difokuskan pada tiga hal yakni aerobik, penguatan otot, dan penguatan tulang.

Andyda memberi contoh kegiatan aerobik adalah berlari, melompat-lompat, dan menari. Aktivitas aerobik itu dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Sementara aktivitas untuk kekuatan otot ada pada permainan dengan menggunakan alat bermain, tarik-menarik, dan memanjat pohon.

Sedangkan olahraga untuk kekuatan tulang biasanya berasal dari kegiatan tumbukan seperti berlari, lompat tali, olahraga basket, dan tenis.

"Aktivitas fisik tersebut membuat antibodi atau sel darah merah akan bersirkulasi lebih cepat, sehingga dapat mendeteksi penyakit lebih awal. Tidak hanya itu, kenaikan singkat suhu tubuh selama dan sesaat setelah aktivitas ini juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri," Andyda menjelaskan.

Kenaikan suhu itu dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan lebih baik. Selain manfaat tersebut, aktivitas fisik dapat memicu pertumbuhan otak dan pengeluaran endorphin atau yang disebut sebagai hormon kebahagiaan.

Untuk mendorong anak menjalani aktivitas fisik yang optimal agar terjaga kesehatannya, Andyda menyarankan untuk menjadikannya sebagai gaya hidup.

"Ajak anak diskusi untuk mengetahui aktivitas apa yang bisa dilakukan sehari-hari. Intinya harus ada dukungan yang kuat terhadap ekosistem untuk aktivitas fisik anak, baik di rumah, di sekolah, dan di mana pun,” ungkap dokter lulusan Universitas Gadjah Mada itu.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar anak berusia 5-17 tahun beraktivitas fisik minimal 60 menit dalam sehari dan tiga kali dalam seminggu.

Berita ini telah terbit di https://www.cantika.com/read/1267584/cara-menjaga-daya-tahan-tubuh-anak-dengan-3.

(Editor: Satria)

Type above and press Enter to search.