Horeee... BLT Dana Desa Diperpanjang hingga Akhir 2021

1/18/2021 | 13:36 WIB

Bagikan:
di Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur, bersama dengan pejabat daerah lainnya, Jumat (8/5/2020).
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa saat menyerahkan BLT di Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur pada, Jumat (8/5/2020).

 

INSTINGJURNALIS.com - Kabar bagi bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Pasalnya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang digulirkan pemerintah diperpanjang hingga akhir tahun 2021.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs. Yuhadi Samad menerangkan, dengan diperpanjangnya bantuan ini, diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 22 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa.


Besaran yang akan diterima oleh keluarga penerima manfaat (KPM) senilai Rp 300 ribu per bulan.


"Berdasarkan petunjuk dari Pemerintah Pusat, prioritas dana desa tahun ini memang diperuntukkan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi ini, sehingga BLT DD tetap lanjut hingga Desember 2021," kata Yuhadi, Senin (18/1/2021).


Dalam bantuan tersebut para penerima manfaat akan diputuskan melalui musyawarah desa. Untuk itu, pemrintah desa saat inj kembali melakukan verifikasi dan validasi ulang data.


Namun kata Yuhadi, penerima BLT ini bisa mengacu pada penerima sebelumnya tetapi dia harap Pemerintah desa dan stakeholder terkait di desa bisa melihat kondisi terbaru didesanya.


"Tidak menutup kemungkinan ada yang berubah kondisi perekonomiannya atau sudah mendapat bansos lainnya. Kami harap semua tepat sasaran dan desa juga bisa melaksanaan kegiatan lainnya selain penyaluran BLT DD," imbuhnya.


Dia menambahkan, penyaluran BLT dana desa ini akan tetap disalurkan setiap bulan, namun untuk bulan Januari ini penyalurannya baru bisa dilakukan pada awal bulan Februari, mengingat Pemerintah desa saat ini masih merampungkan penyusunan APBD desa 2021. 


"Untuk bulan Januari ini BLT DD akan diserahkan di bulan Februari karena desa sekarang masih menyusun APBD desa dan minggu depan sudah kita lakukan  asistensi draft APBDes  dengan melibatkan OPD teknis, semoga rampung di akhir januari ini dan dilakukan penetapan sehingga awal bulan depan sudah bisa dicairkan," tandas mantan Kadisparbud ini. (*)


Editor : Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI