TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

DPRD Sinjai Terima Kunjungan DPRD Poso

 DPRD Sinjai Terima Kunjungan DPRD Poso

INSTINGJURNALIS.com - Sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai menerima kunjungan dari DPRD Kabupaten Poso, Selasa (6/4/2021).


Kunjungan tersebut diterima oleh Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, Ketua Pansus LKPJ Bupati Tahun 2020, Muzawwir, serta Anggota Pansus, Hj. Nurbaya Toppo.


Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso, Samuel Munda mengungkapkan alasan DPRD Poso memilih Kabupaten Sinjai untuk melakukan study banding karena Kabupaten Sinjai salah satu Kabupaten terbaik Se-Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam penyusunan LKPJ Bupati.


Olehnya itu, ia mengaku Kabupaten Sinjai   merupakan contoh untuk Kabupaten lain dalam hal penyusunan LKPJ, serta berharap Kabupaten Poso bisa mengikuti jejak Kabupaten Sinjai yang menjadi Kabupaten terbaik se-Sulsel.


"Kami datang kesini untuk mencari ilmu sekaligus ingin belajar terkait hal-hal apa saja yang dilakukan Pansus DPRD Sinjai terkait LKPJ Bupati," ungkapnya.


Selain itu, Ketua Pansus DPRD Kabupaten Poso, Abraham Badilo, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sinjai maupun DPRD Sinjai atas sambutan dan penerimaan dirinya beserta rombongan.


Menurutnya, apa yang menjadi tujuan rombongan melakukan study banding sekaligus study contoh ke DPRD Sinjai tidak lain untuk belajar terkait LKPJ karena seperti diketahui DPRD mempunyai tanggungjawab yang sangat besar begitupun dengan Pemda dalam hal pembangunan daerah kedepan.


"Sebelum kesini kami juga berkunjung ke Setdakab Sinjai dan alhamdulillah kami memperoleh banyak informasi,salah satunya adalah komitmen bersama antara Pemerintah dan eksekutif,hal itu merupakan sangat penting dalam menjalankan pembangunan daerah, terlepas dari hal itu kami juga ingin mengetahui bagaimana sajian-sajian yang dilakukan DPRD Sinjai terkait data falid yang ditemukan Anggota Pansus," jelasnya


Ia berharap setelah study banding ini, kedepan Kabupaten Poso juga dapat mengikuti Kabupaten Sinjai yang menjadi Kabupaten terbaik dalam hal penyusunan LKPJ.


Sementara itu, Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal bersama segenap Anggota Pansus DPRD Sinjai menyambut baik study banding yang dilakukan DPRD Kabupaten Poso.


"Sebenarnya kunjungan ini bukan study banding pak, melainkan sharing informasi terkait apa yang dilakukan DPRD terhadap LKPJ Bupati," ucap, Muzawwir Ketua Pansus DPRD Sinjai.


Dalam kesempatan itu, Muzawwir juga menyampaikan bahwa ada dua metode yang dilakukan Pansus DPRD Sinjai yakni  pendekatan kelembagaan dan pengecekan di lapangan.


Pendekatan Kelembagaan yang dimaksud yakni memanggil OPD untuk melakukan rapat bersama, terkait data yang ada di masing-masing OPD.


Kemudian, Pengecekan dilapangan yaitu melakukan kunjungan langsung ke lapangan untuk mencocokkan data terkait penyampaikan apa yang menjadi pidato Laporan Bupati pada Rapat Paripurna yang lalu.


"Nah kedua pendekatan itu kami lakukan di Pansus DPRD Sinjai bersama OPD terkait karena kami adalah mitra Pemerintah Daerah,olehnya itu kami melakukan hal tersebut untuk menemukan data falid guna pembangunan Daerah yang lebih baik kedepan," tandasnya.


Sebelumnya Anggota DPRD Kabupaten Poso beserta Pemerintah Kabupaten Poso juga berkunjung ke Setdakab Sinjai.


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.