TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Sekda Sinjai Hadiri Pesta Adat Mappogau Sihanua

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS] - Pesta Adat Mappogau Sihanua, kembali digelar masyarakat adat Karampuang, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Kamis (9/11) siang.


Tradisi turun temurun yang dilaksanakan setiap tahun ini, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Sinjai yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.


Dalam sambutannya, Andi Jefrianto mengaku bersyukur karena Kabupaten Sinjai menyimpan banyak potensi budaya, bahkan keragaman budaya yang sejak dahulu kala masih dipertahankan hingga saat ini.


Menurutnya, Mappogau Sihanua miliki nilai sosial budaya dan ekonomi yang sangat luar biasa. Hal ini dapat menjadi bertambahnya agenda wisata untuk menarik para wisatawan lokal maupun asing yang dapat berimbas dengan perputaran ekonomi.


"Kegiatan ini tidak hanya meriah, yang menampilkan kreatifitas masyarakat, tetapi juga sarat dengan makna dan nilai filosofi yang positif dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat yang merupakan salah satu obyek kemajuan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sinjai," pungkasnya.


Untuk itu kata dia, Pemkab Sinjai sangat mendukung dan menjadikan even ini sebagai salah satu strategi pembangunan, khususnya dalam menggali potensi budaya yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai aset budaya lokal yang mempunyai ciri khas sendiri.


Apalagi tradisi turun temurun ini, telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) nasional tahun 2018 lalu.


"Sepatutnya kita bersama-sama lebih proaktif dalam upaya melestarikan even budaya Mappogau Sihanua serta melakukan upaya promosi yang lebih massif sehingga dapat dikenal luas," harapnya.


Pesta adat Mappogau Sihanua sendiri dilaksanakan telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh masyarakat adat Karampuang sebagai ungkapan rasa syukur atas panen masyarakat. 


Tak hanya masyarakat setempat atau masyarakat adat, namun juga warga Karampuang yang berada diluar daerah pulang kampung dan ikut memeriahkan pesta adat tersebut.


Turut hadir di acara puncak Mappogau Sihanua diantaranya Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Wakil Ketua I DPRD Sabir, Wakil Ketua II DPRD Sinjai Mappahakkang,  Forkopimda, Kepala OPD, Camat, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, serta dihadiri oleh tokoh masyarakat, agama serta tokoh adat Karampuang, dan ribuan masyarakat. (*)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0

Type above and press Enter to search.