TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Wamenkes Bongkar Rahasia Penyebab Biaya Kesehatan di Indonesia Mahal

 

INSTINGJURNALIS.COM Alasan di balik mahalnya biaya kesehatan di Indonesia, terutama setelah pandemi Covid-19 di "bongkar" oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes RI), Prof. Dante Saksono Harbuwono.


Prof. Dante mengungkapkan bahwa sebenarnya biaya kesehatan mahal tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara lainnya. Menurut Prof. Dante, hal itu dipengaruhi oleh besaran biaya yang keluarkan untuk kesehatan (health expenditure).


"Jadi, kita melakukan analisis berdasarkan Gross National Product (GNP) di sebuah negara dibandingkan dengan health expenditure, biaya yang dipakai untuk kesehatan," jelas Prof. Dante kepada CNBC Indonesia, dikutip Jumat (31/5/2024).


"Hampir semua negara memiliki health expenditure yang lebih tinggi daripada GDP (Produk Domestik Bruto/PDB)-nya. Kita dengan angka itu akan menunjukkan bahwa inflasi kesehatan, biaya kesehatan itu akan lebih tinggi dibandingkan inflasi secara umum," sambungnya.


Prof. Dante mengungkapkan, hingga saat ini, baru ada dua negara dengan health expenditure yang lebih rendah daripada PDB, yakni India dan Kuba. Menurut Wamenkes, hal ini terjadi berkat promotif dan preventif yang dilakukan kedua negara tersebut.


"Kenapa mereka bisa begitu? Karena mereka melakukan kegiatan promotif dan preventif yang lebih baik, lebih masif sehingga bisa menekan angka kejadian penyakit dan kegiatan untuk melakukan pengobatan," ujar Prof. Dante.


"Industri dalam negeri untuk obat-obatan dan alat kesehatan mereka bisa genjot sehingga mereka bisa lebih maju dan lebih mandiri. Itu yang menyebabkan health expenditure mereka lebih rendah daripada GDP-nya," lanjutnya.


Melihat hal tersebut, Prof. Dante menyebut bahwa pemerintah tidak akan diam. Pihaknya saat ini telah melakukan transformasi kesehatan, termasuk kemandirian pada bidang kesehatan.


Menurut Prof. Dante, harga obat-obatan di Indonesia dapat lebih murah jika ada produsen bahan baku untuk obat-obatan di Tanah Air.


"Salah satu di bidang kesehatan kemandirian itu adalah kemandirian untuk memproduksi bahan baku untuk obat-obatan. Bahan baku untuk obat-obatan kalau kita bisa produksi dalam negeri maka harga obat lebih murah," kata Prof. Dante.


Lebih lanjut, Prof. Dante mengungkapkan bahwa Kemenkes RI akan memasukkan nilai kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang lebih besar pada alat kesehatan (alkes) dan meningkatkan edukasi kepada masyarakat.


"Kemudian langkah yang kita lakukan adalah memasukkan nilai kandungan TKDN yang lebih besar supaya dia bisa masuk e-katalog untuk alkes. Kalau dia punya TKDN yang tinggi, dia akan diprioritaskan untuk masuk e-katalog sehingga membuat harga alkes lebih murah," ujar Dante.


"Pilar kesehatan transformasi yang lainnya adalah kegiatan promotif dalam preventif sebagai kegiatan pilar pertama sehingga masyarakat sudah mulai diedukasi sebelum mereka sakit, mereka sudah divaksinasi sebelum mereka sakit, dan seterusnya," sambungnya.


Sebagai informasi, Survei Global Medical Trends 2024 yang dirilis Willis Tower Watson mengungkapkan adanya kenaikan yang cukup signifikan terhadap biaya medis global di tahun 2023, dari yang sebelumnya 7,4% menjadi 10,7%. 



Editor   : INSTING JURNALIS



- SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

- BERLANGGANAN DI CHANNEL WHATSAPP 


 

Komentar0

Type above and press Enter to search.