Akhirnya Kartini Akui Sangat Terbantu dengan Program Bupati Sinjai

10/01/2021 | 19:46 WIB

Bagikan:

 Akhirnya Kartini Akui Sangat Terbantu dengan Program Bupati Sinjai

INSTINGJURNALIS.com - Orang tua siswa yang merasakan manfaat bantuan seragam sekolah gratis yang digulirkan Pemkab Sinjai dibawah "komando" Andi Seto Asapa (ASA) sejak tiga tahun terakhir ini, mengaku sangat terbantu.


Betapa tidak, kehadiran program tersebut orang tua siswa yang hendak menyekolahkan anaknya tak lagi pusing memikirkan perlengkapan sekolah. Sebab sudah disiapkan oleh pemerintah.


Salah seorang warga Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Kartini mengatakan, sebagai siswa baru, tentu orang tua harus merogoh kantong pribadinya untuk membiayai peralatan dan perlengkapan sekolah anaknya. 


Bahkan, jumlah untuk membeli perlengkapan sekolah hingga ratusan ribu rupiah. Jumlah itu, tentu memberatkan bagi mereka sebagai warga kurang mampu. 


Untungnya, Bupati ASA memprogramkan bantuan seragam gratis kepada siswa baru tingkat SD dan SMP. Sehingga orang tua siswa tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah. 


Kartini mengatakan, anaknya saat ini duduk di bangku kelas I Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sinjai Selatan. 


"Kami bersyukur dengan hadirnya program ini, betul-betul membantu kami para orang tua siswa, terutama kami yang kurang mampu," ungkap Kartini kepada wartawan, Jumat, (1/10/2021).


Dengan adanya program tersebut, 

dikatakan Kartini, tidak ada lagi alasan bagi orang tua siswa untuk tidak menyekolahkan anaknya. Sebab, semua peralatan dan perlengkapan telah disiapkan oleh Pemkab Sinjai. Mulai dari baju, celana, tas, buku, topi, dasi, dan seragam lainnya. 


"Kami betul-betul sangat terbantu, jadi tidak ada lagi alasan para orang tua tidak menyekolahkan anaknya," jelasnya.


Program seragam sekolah gratis ini diperuntukan bagi siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Sinjai, telah berjalan selama tiga tahun.


Pada tahun 2019 lalu, anggaran yang dialokasikan berkisar Rp 2,4 miliar. Kemudian tahun 2020 mengalami peningkatan menjadi Rp2,6 miliar 


Sementara untuk tahun 2021, kembali mengalami peningkatan menjadi Rp2,8 miliar. Sebab program tersebut juga menyasar sekolah swasta yang ada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai. 


Dengan begitu total anggaran yang dialokasikan selama tiga tahun mencapai Rp7,8 miliar. (*)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI